10 Tradisi Hari Valentine di Dunia

perayaan valentine di dunia
Valentine’s Day atau hari kasih sayang yang akan jatuh pada 14 Februari 2013 ini mempunyai arti sendiri bagi orang-orang yang merayakannya. Sangat menarik untuk mengetahui berbagai tradisi yang berbeda di setiap Negara, bagaimana orang-orang mengekspesikan cinta dan kasih sayang mereka di hari kasih sayang atau Valentine’s Day. Berikut ini 10 Tradisi Hari Valentine di Dunia:

1. Rumania

valentine di romania
Rumania merayakan hari kasih sayang dengan lagu-lagu musim semi dan “magic potions” yang dibuat dengan salju yang sudah mencair. “Magic potions” ini dibuat terutama oleh gadis-gadis muda. Perayaan pada 14 Februari ini juga merupakan hari dimana burung-burung mulai membangun sarang mereka. Selain lagu dan perayaan tersebut, juga ada tradisi dimana jika seorang kekasih saling melangkah pada bekas jejak kaki pasangannya, dipercaya akan memberikan dominasi pada hubungan mereka.

2. Italia

valentine di italia
Luca Ghidoni / Getty Images
Sebagai tempat asal "Romeo dan Juliet (Shakerpeare)", Italia memang telah menjadi tempat yang paling romantis di dunia. Terutama pada Valentine atau hari kasih sayang 14 Februari, para pasangan romantis berduyun-duyun menuju kota Verona. Di tengah-tengah berbagai acara, kota ini melibatkan para pasangan dalam berbagai lomba, yang membuat hari tersebut menjadi lebih istimewa dan berkesan bagi para pasangan romantis tersebut.


3. Irak

valentine di irak

SAFIN HAMED / AFP / Getty Images
Suku Kurdi di Irak, sebagai pengisi libur cuti, mereka akan menyibukkan diri dengan mendekorasi buah Apel dengan cengkeh untuk diberikan kepada orang-orang yang mereka cintai. Apel tersebut akan diawetkan kemudian diberikan pada pasangan mereka sebagai lambang kisah Adam dan Hawa yang akan membawa cinta dan kemakmuran.



4. Filipina

valentine di filipina
Di Filipina, hari kasih sayang  ini ditandai dengan ribuan pasangan yang berpartisipasi dalam perayaan hari valentine dalam suatu pernikahan massal. Dalam beberapa tahun terakhir, ratusan pasangan yang antusias dari Filipina berkumpul tidak hanya untuk mengungkapkan cinta mereka satu sama lain, tetap juga untuk memecahkan rekor dunia dengan bertahan saling mengecup bibir secara bersamaan.


5. Finlandia

valentine di finlandia
Di Finlandia hari kasih sayang ini dirayakan lebih ditujukan buat persahabatan daripada perayaan cinta dan kasih sayang pada pasangannya.






6. Jerman

valentine di jerman
Di Jerman, ada sebuah permen raksasa yang dihiasi dengan pita. Permen raksasa ini khusus digunakan untuk mengekspresikan cinta, terutama para pasangan muda. Selama hari valentine, juga akan banyak terdapat kue-kue yang beraroma jahe segar diberbagai tempat.




7. Jepang

valentine di jepanf
Pada 14 Februari, para wanita di Jepang mempunyai tradisi dengan bertukar hadiah berupa coklat pada pria yang dicintai. Uniknya, pada bulan berikutnya yang dikenal dengan “white day”, para pria akan mengembalikan cokelat tersebut dengan dengan kata-kata spesial dan puisi.





8. Thailand

valentine di thailand
Bagi para pasangan kekasih yang berjiwa berpetualang, di Thailand, biasanya mereka mengeksperisikan rasa cinta dan kasih sayang atau bahkan melakukan upacara janji pernikahan mereka di tepi puncak gunung, di bawah air (underwater) atau dengan skydiving. Sedangkan bagi para pasangan kekasih yang tidak suka dengan petualangan, biasanya mereka akan berkunjung ke kuil Trimurti untuk menyalakan lilin cinta dan menebarkan aroma dupa dan mawar merah yang indah di kaki dewa-Hindu Trimurti. Dan sebagian orang-orang mempercayai bahwa saat itulah waktu yang paling tepat untuk mendaftarkan pernikahan mereka di desa cinta, “Village of Love”, Bangkok.

9. Guatemala

valentine di guatemala
Setiap tahun,  di Guatemala, para wanita akan senang untuk ikut  berpartisipasi dalam Parade atau karnaval cinta yang sudah sangat popular yang disebut dengan “Old Love Parade”. Parade cinta ini diadakan di kota Guatemala, dekat alun-alun konstitusi. Parayaan kasih sayang ini tidak hanya untuk para pasangan kekasih, tapi juga mereka ekspresikan untuk keluarga dan teman-teman, mirip dengan di Amerika, mereka juga saling memberikan hadiah berupa bunga, kartu, dan coklat.

10. Brazil

valentine di brazil
Di Brasil, sebenarnya, hari kasih sayang diperingati pada 12 Juni dan bukan 14 Februari pada umumnya. Secara tradisional, para wanita lajang di Brasil, pada hari itu akan menulis beberapa nama pria yang mereka sukainya masing-masing pada selembar kertas dan dilipat kemudian dikocok dan memilih salah satu kertas dengan nama pria yang mereka taksir tersebut, dengan harapan pria tersebut akan menjadi pasangan mereka dan menikah dengannya.




Dari berbagai tradisi perayaan tersebut, Valentine's Day atau hari kasih sayang, bagi mereka yang merayakannya, tentu saja adalah untuk saling mengungkapkan cinta atau kasih sayang sejati, juga dengan saling memberikan hadiah favorit berupa bunga mawar, lagu barat romantis (lagu Indonesia romantis), perhiasan, tiket film bioskop, paket liburan romantis, atau memberikan suasana malam romantis di alam terbuka atau makam malam romantis “candle light dinner".



(gettoptens .com)
Share on Google Plus