Top 10 Sistem Operasi Terbaik Tahun 2012

apple vs linux vs windows
Sistem Operasi (operating system) atau disingkat “OS” bagi sebuah komputer adalah bagai jiwa bagi manusia. OS adalah sebuah Software - sehingga tidak dapat dilihat, seperti jiwa!. Sistem Operasi bekerja sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer (hardware), bahkan tidak tidak hanya komputer yang memiliki OS - telepon seluler dan konsol game pun memiliki OS. Berikut ini daftar Top 10 Sistem Operasi di tahun 2012 versi technologyflow yang telah dilansir pada situsnya:



1. Windows XP Professional

Windows XP Professional OS
Kata XP maksudnya adalah “eXPerience”. Microsoft telah meluncurkan OS ini (sistem operasi) pada 2001 dan masih bertahan dan paling terkenal. OS ini menjalankan banyak layanan jaringan dan memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai hak penuh. Alasan lain dari popularitas XP adalah pendekatannya yang sederhana untuk melakukan segala sesuatu sehingga banyak tersedia versi OS bajakannya di negara-negara dunia ketiga.


2. Ubuntu

ubuntu linux os
Dengan struktur yang aman dari Linux, Ubuntu secara bertahap berubah sebagai salah satu OS yang paling favorit sebagai alternatif bagi struktur XP yang tidak aman. Selain itu OS ini dilengkapi dengan user-friendly interface (tanpa pendekatan perintah berbasis Linux). Ini memberikan nuansa “Windows” di Linux.



3. Windows Vista

Windows Vista os
Belajar dari XP yang insecure, walau bagaimana Microsoft tetap mencoba untuk membuat OS yang lain, Vista, yang merupakan OS dengan tampilan penuh grafis, namun gagal untuk mencapai target pasar yang tinggi. Tapi sebagian orang justru tetap menggunakan Vista, karena alasan pendekatan kebijakan keamanannya.




4. MAC OS X

MAC OS X
OS keluaran Apple ini benar-benar sangat banyak disukai oleh para pengguna Mac untuk antarmuka (interface) yang fantastis dan sumber penyedia perangkat lunaknya yang aman dengan beberapa komponen open source untuk komunitasnya.




5. Windows server 2008

Windows server 2008 os
Bila Anda sedang mencari server berbasis OS maka yang satu ini adalah salah satu yang terbaik. Meskipun windows 2000 adalah sangat sukses sebagai server OS, versi 2008 ini telah hadir dengan peningkatan keamanan terhadap berbagai ancaman, baik untuk backup  data recovery, user control system, web server (IIS) role, dan server role reliable security configurations.



6. Haiku

Haiku os
Setelah kegagalan nyata dari BeOS dengan Windows yang begitu cepat menguasai pasar, Haiku adalah merupakan reinkarnasi dari BeOS. Haiku kompatibel dengan program BeOS dan tersedia dalam format hard drive, cocok untuk Qemu, versi CD. Haiku memiliki antarmuka (interface) minimalis. Tab kecil kuning dengan tombol close tunggal, tombol daun di bagian kanan atas desktop benar-benar telah memberikan pengguna beberapa merasa unik untuk menggunakannya.

7. Fedora

Fedora linux os
Fedora adalah OS berbasis Linux yang dikembangkan oleh Red Hat. Fedora core 9 dan 10 merupakan OS yang membuat mudah bagi setiap orang yang awam mengenai sistem operasi, sehingga dianggap merupakan salah satu OS open source terbaik. Dalam antarmuka (interface) dan cara operasinya, pengguna akan mendapatkan keamanan yang nyata dari struktur Linux.





8. Amiga OS 4.1

Amiga OS 4.1
Merupakan  produk dari Amiga Inc dan Hyperion Entertainment dirilis pada 2010. Amiga OS 4.1 memiliki salah satu solusi terbaik dan termudah dengan booting ulang yang menghemat waktu dan upaya pengguna. Hal ini hanya berjalan pada platform hardware spesifik yang berbasis PowerPC yang telah membuat komputasi jauh lebih stabil.






9. MAC OS leopard

MAC OS leopard
OS ini dirilis pada 2007. Leopard tersedia dalam dua versi-personal dan server. Versi penggunaan pribadi yang benar-benar mudah digunakan dan aman. Pada versi server menawarkan ratusan fitur baru yang telah di-upgrade untuk komputasi tingkat tinggi.







10. Xandros Linuxs

Xandros Linuxs os
OS Ini dikembangkan oleh Xandros, salah satu Global Partners dari Linux. Xandros Linuxs adalah perangkat lunak open source. Home edition-nya sudah disertai dengan Xandros Security Suit, yang melindungi komputer dari spam, virus dan spywares  jauh lebih baik daripada sistem operasi lain.




Itulah daftar top 10 sistem operasi tebaik 2012 versi technologyflow, namun demikian diluar sana tentu saja terdapat OS lain yang diklaim sebagai yang teratas, tergantung dari orang atau situs yang menilainya dari sisi apa. Dan dari semua itu tentunya sisi yang terpenting adalah bagaimana pengguna --seperi Anda-- merasakan manfaat dari penggunaannya. Saat Anda mencoba sendiri kegunaan dari setiap sistem operasi, maka akan menjadi semakin jelas bagi Anda.

Seperti halnya jika dilihat dari sisi secure (keamanan), secpoint dalam situsnya memberikan urutan yang berbeda untuk Sistem Operasi teraman, apa saja ke 10 OS teraman tersebut baca di: Top 10 Sistem Operasi Paling Aman



(technologyflow) 
Share on Google Plus