10 Cara Pintar Ambil Resiko Memulai Bisnis

cara memulai bisnis sendiri
Sekedar berbagi informasi sob, artikel ini menurut saya layak untuk disimak, siapa tahu akan menjadi starting point kesuksesan Anda di masa datang. Ditulis oleh Martin Zwilling, artikel yang judul aslinya "10 Cara Pintar Ambil Resiko Berbisnis" ini dikutip dari situs yahoo she id. Selamat membaca artikel 10 Cara Pintar Ambil Resiko Memulai Bisnis




_____
10 Cara Pintar Ambil Resiko Berbisnis
Oleh Martin Zwilling | Forbes

Kata “risiko” memang memiliki pengertian negatif bagi sebagian orang. Tetapi, berani mengambil risiko dalam bisnis tidaklah sama dengan menjadi orang yang sembrono. Justru pengusaha sejati akan memandang risiko sebagai sesuatu yang positif dan penuh tantangan. Mereka akan mengantisipasi hal-hal tak terduga demi mendapatkan untung besar.
                  
Saya menemukan ringkasan hebat mengenai strategi kunci yang digunakan, lengkap dengan cerita kehidupannya, dalam buku yang berjudul “The Risk Takers”, karya Renee dan Don Martin. Berikut adalah daftar tersebut, disertai prioritas dan pendapat saya:
                                       
1. Cari tren terbaru dan kembangkan. 
                                       
Sering kali, perubahan kultur atau tren ekonomi akan memberi peluang usaha baru. Tantangannya adalah menyadari perubahan tersebut lebih awal, lalu ambil tindakan, meski terdapat risiko. Inilah awal mula keuntungan para pelopor bisnis.
                            
2. Cari harta karun yang terpendam dan temukan pasar yang belum dilirik orang. 
                                           
Bahkan perusahaan berpenghasilan triliunan rupiah tidak bisa menawarkan segalanya kepada semua orang. Tidak ada yang lebih menyenangkan daripada menemukan pasar menguntungkan yang tidak dilihat atau bahkan diincar orang lain.
                                      
3. Manfaatkan kelemahan pesaing dan jadikan itu sebagai kekuatan Anda.                                
                                                
Pengusaha yang memiliki pandangan tajam memiliki bakat melihat dunia melalui sudut pandang pelanggannya. Kualitas yang dimiliki tersebut dapat membantu Anda tampil menonjol dalam kekurangan dan kelemahan pesaing.
4. Tajamkan pandangan. 
                            
Kapan pun ada kesempatan, perhatikan dengan saksama area pasar yang diabaikan pesaing. Hal tersebut lebih mudah dilakukan daripada meredupkan produk-produk yang sudah terkenal, dan menunggu perubahan konsumsi pelanggan, meskipun solusi yang Anda miliki lebih baik.
                                            
5. Patahkan aturan konvensional. 
                                              
Banyak nama pengusaha tercatat dalam buku sejarah keberhasilan karena mereka telah berani menyimpang dari formula dan cara berpikir yang mapan dan sudah ada. Menantang tradisi yang sudah ada mampu membuka pintu keuntungan kompetitif.
                                        
6. Hemat uang dan beriklan dengan biaya yang murah. 
                                 
Jika Anda memulai bisnis dengan modal yang pas-pasan, ada cara kreatif untuk menarik perhatian pelanggan tanpa iklan yang mahal. Mulailah dengan media sosial, blogging, dan promosi dari mulut ke mulut.
                                             
7. Jangan biarkan kesulitan dan kegagalan mengalahkan Anda. 
                                          
Daftar peringkat pengusaha sukses diisi oleh para pria dan wanita yang menolak berhenti percaya pada dirinya sendiri, meski mendapatkan cemoohan dari orang lain yang menyakitkan. Ketahanan dan ketekunan bisa membawa Anda menuju kesuksesan.
                                                    
8. Percaya pada intuisi. 
                                         
Sebuah badan penelitian menyatakan, intuisi adalah bentuk nyata pengetahuan. Itu merupakan kemampuan yang dapat Anda asah dan kembangkan — hal tersebut dapat sangat bermanfaat dalam menyelesaikan masalah dalam lingkungan bisnis yang kacau dan tidak bisa diprediksi. Dalam kondisi seperti itu, intuisi mampu mengalahkan analisis rasional.
                                                   
9. Terus ciptakan inovasi. 
                                             
Pengusaha dengan kinerja yang bagus memulai dari nol untuk menciptakan perusahaan yang dikenal luas dan terus menyesuaikan diri agar dapat bertahan di tengah perubahan pasar. Perasaan terlalu cepat puas itu seperti ban bocor halus. Ketika Anda menyadarinya, kerusakan sudah sangat parah.
                                     
10. Mulai sekarang juga! 
                                       
Waktu yang sempurna untuk memulai bisnis tidak akan datang dengan sendirinya. Sering kali, menunggu hanya memberi kesempatan bagi pesaing untuk memukul Anda dengan telak. Jika Anda percaya ide Anda akan sukses, maka ambillah risiko dan mulailah beraksi.
                            
Percayalah terhadap kekuatan ide Anda dan segera mulai kejar impian dunia usaha Anda. Dengan kecerdasan dalam mengenal risiko, Anda pun akan mampu meraih sukses.
                                          
Semoga artikel 10 Cara Pintar Ambil Resiko Memulai Bisnis ini bermanfat buat Anda.



(Sumber: yahoo she id)
Share on Google Plus