10 Wisata Pantai Eksotis di Indonesia

1. Kepulauan Raja Ampat  - Papua Barat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian kepala burung (Vogelkoop) pulau Papua. Secara Administratif, gugusan ini berada di bawah kabupaten Raja Ampat, Propinsi Papua Barat. Raja Ampat merupakan kawasan dengan sumber daya alam tropis terkaya di dunia, dan merupakan salah satu lokasi bahari terbaik di dunia. Selain penorama alam yang luar biasa, Raja Ampat juga terkenal dengan pemandangan bawah laut yang memukau yang bisa dinikmati dengan wisata menyelam (diving). Di Raja Ampat terdapat beberapa resort pantai dengan view pemandangan alam yang eksotis.
Raja Ampat Indonesia
image By uup
Misool Eco Resort raja ampat
image by Headlines & Heroes






                                 


                                         
                                      
2. Taman Nasional Bunaken - Sulawesi Utara

Bunaken adalah sebuah pulau seluas 8,08 km persegi di Teluk Manado, yang terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Pulau ini merupakan bagian dari kota Manado, ibukota propinsi Sulawesi Utara.

BUNAKEN BEACH
image By Kaufik Anril

Pulau Bunaken dapat ditempuh dengan kapal cepat (speed boat) atau kapal sewaan dengan lama perjalanan sekitar 30 menit dari pelabuhan kota Manado. Di sekitar pulau Bunaken terdapat taman laut Bunaken yang merupakan bagian dari Taman Nasional Bunaken.

diving in Bunaken
image By Bunaken Island
Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik lokasi penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam tersebut, 12 diantaranya berada di sekitar pulau Bunaken. 12 titik penyelaman inilah yang paling sering dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.

3. Taman Nasional Kepulauan Wakatobi - Sulawesi Tenggara

Wakatobi beach Indonesia

Taman Nasional Wakatobi terletak di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara, Indonesia. Ibukota Wakatobi adalah Wangi-Wangi. Kabupaten Wakatobi terdiri dari empat pulau utama, yaitu: Wangiwangi, Kalidupa, Tomia, dan Binongko. Jadi, Wakatobi adalah singkatan dari nama ke-empat pulau utama tersebut

Wakatobi Dive Resort Indonesia

Keindahan bawah lautnya sangat dikagumi banyak wisatawan, sehingga sering disebut-sebut sebagai salah satu surga bawah laut terindah di dunia. Jadi bukan tanpa alasan jika kawasan pantai di Wakatobi sangat cocok untuk wisata diving, snorkling, berenang dan memancing.

4. Pantai Kuta - Bali

Kuta terletak di Kabupaten Badung, berjarak sekitar 1,5 km dari Bandara Ngurah Rai dapat ditempuh dengan waktu 5 menit, dan sekitar 20 menit dari pudat kota Denpasar. Daerah Kuta merupakan tujuan wisata turis mancanegara dan telah menjadi obyek wisata andalan Pulau Bali sejak awal 1970-an.

Kuta Beach Bal
image By Bewish Bali

Pantai Kuta memiliki ombak yang sangat disukai oleh peselancar (surfer). Pantai ini sering pula disebut sebagai pantai matahari terbenam (sunset beach), merupakan kebalikan dari Pantai Sanur.

surfer in kuta beach bali
image By shtumpi

Wilayah Kuta tidak pernah sepi pada malam harinya, live music, karaoke dan lain-lain. Toko dan artshop juga banyak terdapat didereten sepanjang jalan di Kuta, kebanyakan menjual pernak-pernik surfing dan barang-barang kerajinan.


5. Pulau Gili Nanggu - Lombok

Gili Nanggu terletak di selat Lombok atau persisnya di pesisir timur Pulau Lombok, bersebelahan dengan Gili Tangkong. Secara administratif termasuk wilayah Kecamatan Sekotong Tengah, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat.

Gili Nanggu Indonesia
image By sutrebor

Pulau ini merupakan pulau kecil yang tenang dengan alamnya yang indah, pasir putih dan taman bawah laut. Ketenangan dan keindahan inilah yang menjadi salah satu alasan banyak wisatawan memilih Gili Nanggu untuk menjadi tujuan ber-bulan madu.

Gili Nanggu Island Indonesia

Petualangan menyisir pantai dan snorkling merupakan hal yang menyenangkan, selain keindahan laut pulau Gili yang masih utuh alami terumbu karangnya dan ikan-ikannya yang berwarna-warni, Anda juga diperbolehkan untuk memberi makan ikan-ikan tersebut dengan roti.

6. Pulau Derawan - Kalimantan Timur

Pulau Derawan terletak di Kepulauan Derawan, Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di perairan sekitarnya terdapat taman laut yang terekenal dengan wisata selam-nya (diving) dengan kedalaman sekitar lima meter.

Derawan Beach Indonesia

Selain beraneka ragam biota laut seperti cumi-cumi (cuttlefish), lobster, ikan pipa (ghostpipe fish), gurita (bluering octopus), kuda laut (seahorses), belut pita (ribbon eel) dan ikan skorpion (scopionfishes), juga terdapat karang yang dikenal dengan "Blue Trigger Wall" karena pada karang yang panjangnya 18 meter tersebut banyak terdapat ikan trigger (red-toothed trigger fishes).

Derawan Island Indonesia

7. Pulau Moyo - Nusa Tenggara Barat

Pulau Moyo secara admisnistratif berada di Desa Labuan Aji dan Desa Sebotok, Kecamatan Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau Moyo terletak di utara Pulau Sumbawa. Juga terletak diantara obyek wisata lainnya seperti Gili Matra (Lombok), Pulau Satonda (Bima-Dompu) dan Taman Nasional Komodo.

Moyo Island Indonesia

Wisata memancing, snorkling, menyelam dan bersampan tersedia di kawasan ini. Selain itu wisatawan juga dapat menikmati air tejun berundak Mata Jitu yang terdapat di bagian barat pulu Moyo yang dapat diakses melalui Desa Labuan Aji. Juga terdapat wisata Goa, hamparan savanna, penyusuran hutan, pengamatan burung (bird watching) dan berburu dengan mengacu pada undang-undang yang berlaku.

Moyo Beach Indonesia

8. Pulau Ora - Maluku Tengah

Pulau Ora terletak di Desa Saleman, Seram Utara, Maluku Tengah. Akses menuju lokasi dapat ditempuh dengan pesawat perintas ke Bandar Udara Wahai di Pulau Seram. Setelah itu menyeberang dengan menggunakan kapal cepat (speed boat) menuju Pelabuhan Amahay dengan lama perjalanan sekitar 2 jam.


Pantainya yang eksotis dengan pemandangan alamnya yang indah, membuat banyak wisatawan mengatakan tidak kalah jika dibandingkan dengan pantai Lanikai Oahu di Hawaii atau Pulau Maladewa. Terumbu karang dan hewan lautnya masih terlihat sangat alami dan masih terawat dengan baik.

Selain wisata snorkling, pengunjung juga bisa melintasi sungai Salawai untuk melihat proses pembuatan sagu, pengambilan buah kelapa, atau melihat beraneka jenis burung di muara sungai di Teluk Sulaiman. Atau wisata terkking melintasi hutan yang masih lestari alami di balik Negeri Sawai, menuju Pusat Rehabilitasi Satwa di Dusun Masihulan, Sawai, tempat pengkaran burung kakatua dan nuri seram.


Yang tidak kalah menarik adalah penginapan berupa resort-resort yang mengambang di atas pantai dan berbentuk rumah panggung.

9. Pantai Sarwana - Banten

Pantai Sarwana terletak di Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten. Panjang pantai ini sekitar 65 km yang dihiasi dengan karang dan pasir putih. Kawasan hutan pantai yang dulu terkenal dengan desa siluman itu kini bangkit sebagai salah satu tujuan wisata yang tidak kalah menarik dengan Pelabuhan Ratu yang berada dalam satu garis pantai di kawasan itu. Karenanya wilayah pesisir indah ini juga menyatu dengan kisah mistis Nyai Roro Kidul.

Sarwana beach banten indonesia

Banyak pantai menawan dengan laut biru yang bisa dinikmatin di lokasi ini, antara lain Tanjung Layar, Karang Bokor (Cipamadangan), dan Pulau Manuk. Selain keindahan pantai, adapula wisata Gua, seperti Gua Lalay, Gua Sikadir, Gua Cimaul, Gua Singalong, dan Bukit Pasir Tangkil. Untuk sarana penginapan, penduduk setempat menyulap rumah mereka menjadi homestay dengan tarif yang relatif murah sekitar 120 ribu semalam per-orang termasuk makan.

Karang Tanjung Layar pantai sarwana
Karang Tanjung Layar, TEV1311

Untuk menuju lokasi ini dari Jakarta ada 2 alternatif, yaitu: Jakarta-Serang-Malingping-Bayah-Sarwara, dan Jakarta-Balaraja-Maja-Rangkasbitung-Malingping-Bayah-Sarwana. Dari arah Bandung bisa melalui Pelabuhan Ratu, lalu menyusuri pantai ke arah barat.

10. Pantai Balekambang - Malang, Jawa Timur

Pantai Balekambang terletak di Desa Srigonco, Kecamatan Batur, Malang, Jawa Timur, kurang lebih 65 km dari selatan kota Malang. Pantai ini memiliki garis pantai sepanjang 2 km dan terdiri dari pasir pantai berwarna coklat terang dan putih.

balekambang bay indonesia
balekambang, Didik Witon

Balekambang beach Java Indonesia
image By talkrabb
Di pantai yang menjadi andalan wisata kota Malang ini memang memiliki pemandangan yang sangat cantik. Terdapat tiga batu karang yang besar di lepas pantai Balekambang. Batu karang ini disebut oleh masyarakat setempat sebagai pulau, yaitu Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo yang terdapat Pura megah di tengahnya, pulau ini dihubungkan dengan jembatan selebar 1,5 meter. Pemandangan Pura di atas batu karang ini tidak kalah indahnya dengan Tanah Lot di Pulau Bali.






sumber: berbagai sumber
Share on Google Plus