10 Bangunan Unik di Dunia


1. Crooked House - Polandia

Crooked House Krzywy
image By tomek.pl


Crooked House atau "rumah bengkok" atau dalam bahasa aslinya Krzywy Domek adalah bangunan yang bentuknya tidak beraturan, terletak di Sopot, Polandia. Dibangun 2004 dengan luas sekitar 4000 meter persegi dan merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Bangunan ini dirancang oleh Szotynscy dan Zaleski yang terinspirasi dari gambar ilustrasi dongeng Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. (wikipedia)

2. The Basket Building - Ohio, United States

longaberger Basket Building
image By addicted Eyes

Bangunan ini merupakan kantor pusat perusahaan Longaberger (The Longaberger Company), yaitu sebuah pabrik di Amerika yang memproduksi keranjang dari kayu mapel, produk-produk rumah tangga, termasuk tembikar, besi tempa, aksesoris kain, dan makanan khusus (wikipedia).

3. Kansas City Public Library - Missouri, United States

kansas city public library
image By jonathan_moreau

4. House Attack - Viena, Austria

House Attack (Viena, Austria
image By Dom Dada
House Attack terpasang (installed) pada bangunan utama sebuah museum di Viena, Austria yang dikenal dengan The MUMOK atau singkatan dari MUseum MOderner Kunst, yang artinya Museum seni modern. House attack dibuat oleh seorang seniman Austria bernama Erwin Wurm pada 2008. (wikipedia)

5. Fashion Show Mall - Las Vegas, United States

Fashion Show Mall Las Vegas
image By B. Tse

6. Lotus Temple - Delhi, India

Lotus Temple Delhi India
image By CHRISTOPHER MACSURAK
Lotus Temple atau Candi Lotus adalah salah satu arsitektur Iman Bahai, teletak di Kalkaji, New Delhi, India. Candi ini selesai dibangun 1986, terbuat dari dari marmer, dolomit, semen dan pasir. Selain terbuka untuk umum candi ini menyediakan lingkungan yang rapi untuk meditasi, perdamaian dan kebijaksanaan. Lotus itu sendiri adalah merupakan simbol perdamaian, kemurnian cinta, dan keabadian dan bunga Lotus juga merupakan ikon penting dalam budaya masyarakat India. (liburania.org)

7. Atomium - Brussel, Belgium

Atomium Brussels Belgium
image By /*dave*/

Atomium adalah monumen dengan tinggi 103 meter, dibangun di Brussel, Belgia dalam rangka Expo '58 1958. Monumen ini berbentuk kristal besi yang diperbesar 165 miliar kali. Terdiri dari 9 bola baja berdiameter 18m yang dihubungkan dengan eskalator dalam silinder-silinder mencapai 114,8 kaki, yang merupakan salah satu yang terpanjang si Eropa. Awalnya monumen ini dirancang hanya untuk berdiri selama 6 bulan, namun karya arsitek Andre Waterkeyn ini bisa bertahan sampai sekarang dan kepopulerannya sebagai tujuan turis bisa menyaingi Manneken Pis. (wikipedia)

8. Strawberry House Sanrio Store - Tokyo, Japan

Strawberry House Tokyo
image By chipple

9. Ripley's Building - Ontario, Canada

Ripley's building canada
image By ofermod

10. Blur Building - Switzerland

Blur Building, Swiss Expo Pavilion
image By lacurbed
Bangunan ini merupakan pusat paviliun dari pameran nasional Swiss yang ke-6 yang sekeliling bangunannya diselimuti awan atau kabut buatan, dirancang oleh arsitek Elizabeth Diller dan Ricardo Scofidio. Bangunan ini terdiri dari 60x100.20 meter konstruksi logam yang menyemprotkan butiran air danau yang tak terhingga banyaknya dari teknologi 31400 jets. Teknologi penyemprotan bertekanan tinggi inilah yang akan membuat bangunan ini akan tetap terlihat dalam berbagai kondisi cuaca, hujan, atau pancaran sinar. (designboom.com)


Lanjut ke ... 10 Bangunan Unik di Dunia (Bagian 2)




sumber: berbagai sumber
Share on Google Plus