10 Seleb yang Meninggal Karena Kecelakaan Motor dan Mobil

Baru-baru ini publik Indonesia dikejutkan dengan berita meninggalnya Ustad Jeffry Al-Buchori. Ustad yang akrab dengan sebutan Uje dan Ustadz Gaul ini menghembuskan nafas terakhirnya pada 26 April 2013 akibat kecelakaan tunggal saat mengendarai sepeda motor. Selain ustadz Jeffry al Buchori, masih ada beberapa seleb lain yang meninggal dunia karena kecelakaan saat mengendarai kendaraan bermotor. Dimulai dari Nike Ardilla pada 1995 berdasarkan urutan tahun dan dua seleb dunia pada bagian akhir artikel.
             
                                                                                                                                               
1. Nike Ardilla (1995)
                                      
nike ardilla seberkas sinar
                                                                 
Penyanyi bernama lengkap Raden Nike Ratnadilla ini mengalami kecelakaan lalu lintas di Bandung, Jawa Barat pada 19 Maret 1995 pada pukul 06.00 WIB. Mobil Honda Civic biru yang dikendarainya menabrak tempat sampah beton di pinggiran Jl RE Martadinata.
                                                            
Bagi para penggemarnya, Nike Ardilla hingga kini masih mendapatkan penghormatan dengan acara peringatan yang diadakan pada setiap tanggal kelahiran dan kematiannya. Bahkan mereka mendirikan museum Nike Ardilla untuk mengenang barang-barang bersejarah almarhumah.
                                                              
2. Adi Firansyah (2006)
                                     
Adi Firansyah kecelakaan motor
                                                                             
Pemain sinetron berusia 22 tahun ini tewas setelah mengalami kecelakaan tabrakan motor dengan motor pada Sabtu, 23 Desember 2006. Dirinya mengalami benturan keras dan luka dalam di bagian dada dan kepala, Adi segera dilarikan ke Rumah Sakit Umum Bekasi namun nyawanya tidak bisa tertolong.
                                                                             
Sebelum kecelakaan, Adi sempat syuting sinetron Cinta 2020 di kawasan Gempol, Bambu Apus, Jakarta Timur, kemudian berangkat terburu-buru dari rumahnya di Jatibaneing, Bekasi menghadiri jumpa fans. Adi Firiansyah yang terbiasa bepergian dengan sepeda motor, saat kejadian menurut saksi mata, berusaha menghindari sepeda motor yang berbalik arah. Almarhum dikebumikan di TPU Pondok Kelapa, Jakarta Timur.
                                                                    
3. Taufik Savalas (2007)
                   
Taufik Savalas kecelakaan mobil
                                                                          
Pelawak bernama asli Muhammad Taufik bin Muhammad Yusuf Masri ini mengalami kecelakaan lalu lintas di Bagelen, Purworejo, Jawa Tengah pada Jumat, 11 Juli 2007. Mobil Toyota Kijang yang membawanya dari Yogyakarta menuju Purbalingga mengalami tabrakan dengan sebuah truk. Mobil Toyota Kijang Kapsul bernomor polisi B 2089 QH yang membawanya bertabrakan dengan truk bermuatan semen. Taufik meninggal di lokasi kejadian setelah terjepit di bagian kepala.
                                                                   
Almarhum meninggalkan istri Rina Rosdiana dan dua orang anak, Moch Abizard dan Adinda Fatima. Dia dimakamkan di Tempat Pemakaman Keramat Tengkele di Desa Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Serang, Banten.
                                                                
4. Sophan Sophian (2008)
                           
Sophan Sophiaan kecelakaan motor
                                                              
Aktor kawakan sekaligus politisi ini meninggal dunia saat mengikuti acara touring Jalur Merah Putih 2008, memimpin konvoi melewati Ngawi, Jawa Timur menuju Kota Yogyakarta dalam rangka menyambut 100 tahun Kebangkitan Nasional.
                                                                    
Kecelakaan terjadi di kawasan hutan Widodaren, Ngawi, yang dikenal sebagai jalur tengkorak. Motor yang dikemudikannya terjatuh dan Sophan Shopian masuk ke dalam lubang sehingga menyebabkan kakinya patah. Sophan segera dilarikan ke rumah sakit, tapi dalam perjalanan, suami Widyawati ini menghembuskan napas terakhir sekitar pukul 10.00 WIB pada Sabtu, 17 Mei 2008. Sempat muncul dugaan kalau almarhum meninggal karena terlindas motor di belakangnya setelah terjatuh. Namun polemik itu tidak pernah terbukti hingga sekarang ini.
                                                   
5. Virginia Anggraeni (2011)
                                 
Virginia Anggraeni kecelakaan mobil
                                               
Peristiwa yang terjadi pada saat masih dalam suasana Lebaran, tepatnya 3 September 2011, Virginia Anggraeni meninggal dunia dalam kecelakaan mobil yang dikemudikan suaminya, Saipul Jamil. Virginia yang baru dinikahi Ipul, 3 Maret 2011 itu langsung meninggal di lokasi kejadian, di Tol Cipularang Km 97 pukul 09.45 WIB.
                                                       
Saipul sempat menuturkan, bahwa saat peristiwa terjadi secara tiba-tiba dia merasakan hempasan angin yang membuat mobil Toyota Avanza warna merah hati yang dikemudikannya oleng ke kanan. Tidak hanya kehilangan istri, mantan suami Dewi Persik ini pun harus menjalani proses hukum karena kelalaiannya, mengingat 10 orang penumpang pada mobil tersebut sudah melebihi kapasitas.
                                                
6. Valia Rahma (2012)
                                
                                                 
Artis dan mantan presenter acara Planet Remaja ini meninggal dunia setelah mengalami koma selama sembilan hari akibat kecelakaaan motor yang dialaminya di Legian, Bali pada 5 Januari 2012 pukul 11.00 WITA. Valia Rahma meninggal dunia pada Jumat, 13 Januari 2012 dan dimakamkan di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan pada keesokan harinya.
                                                                   
Saat kecelakaan Valia dibonceng adiknya. Ketika hendak berbelok memasuki hotel, ada sepeda motor dari arah berlawanan yang menabraknya. Meski memakai helm, benturan yang keras di kepala menimbulkan luka dalam. Sementara sang adik hanya mengalami luka-luka.

7. OLIVIA DEWI (2012)
                                       
OLIVIA DEWI kecelakaan mobil
                                                                                           
Model remaja Olivia Dewi (17) meninggal dunia dalam kondisi yang mengenaskan. Dia terpanggang di atas mobil Nissan Juke dengan nopol B 60 GOH yang dikendarainya yang mengalami kecelakaan, Sabtu 10 Maret 2012 malam. Olivia tidak dapat menyelamatkan diri, lantaran terjepit di antara kemudi setir, sementara temannya, Joy Sebastian (17) bisa selamat. Mobil yang dikendarai Olivia terbakar setelah sebelumnya menghantam pondasi reklame di depan gedung Graha Nusa Santana, Jakarta.
                                                              
Polisi berdasar uji laboratorium menyebutkan tubuh Olivia mengandung zat etanol, sehingga berkesimpulan Olivia tidak dalam kondisi sehat untuk mengemudikan mobil. Kasus itupun dihentikan penyidikannya sejak tanggal 11 April 2012. Tidak berhenti di situ, pihak keluarga kemudian melaporkan Direksi Nissan Group atas tuduhan pelanggaran hak konsumen. Mereka menduga, mobil yang dipakai Olivia cacat produksi hingga menimbulkan percikan api yang menjadi pemicu kebakar.
                                           
8. Ustadz Jeffry al Buchori (2013)
                                          
ustadz jefrey uje kecelakaan motor
                                                          
Ustadz Jeffry Al Buchori atau yang kerap disapa Uje, meninggal dunia pada Jumat 26 April 2013 pukul 02.00 WIB dini hari setelah mengalami kecelakaan motor tunggal di kawasan bundaran Pondok Indah, Jakarta Selatan. Uje yang mengendarai Kawasaki ER-6n bernopol B 3590 SGQ menabrak pohon setelah kehilangan kendali. Sempat dirujuk ke Rumah Sakit Pondok Indah dan Rumah Sakit Fatmawati, namun akhirnya tidak tertolong.
                                                                              
Jenazah Uje dibawa ke rumah duka di Perum Bukit Mas, Jalan Narmada III, Rempoa, Bintaro, Tangerang Selatan, dan dimakamkan di TPU Karet Bivak Jakarta Selatan setelah sholat Jumat di Masjid Istiqal Jakarta. Uje meninggalkan seorang istri, Pipik Dian Irawati Popon, dan empat orang anak; Adiba Khanza Az-Zahra, Mohammad Abidzar Al-Ghifari, Ayla Azuhro, dan Attaya Bilal Rizkillah.
                                                                                                                                
9. Putri Diana (1997)
                                                  
putri diana kecelakaan mobil
                                                               
Pada 31 Agustus 1997 Putri Diana yang sering disebut dengan Lady Di ini meninggal dunia karena kecelakaan mobil yang dikemudikan di jalan terowong Pont de l'Alma di Paris bersama-sama dengan Dodi Al-Fayed dan supir Henri Paul.
                                          
Mobil Mercedes-Benz W140 (no pendaftaran 688 LTV75) dikemudikan oleh supir keselamatan Hôtel Ritz Paris, Henri Paul.  Saat sebelum kejadian Henri mengemudi dengan kecepatan tinggi untuk menghindari kejaran para fotografer paparazzi. Selain itu analisis darah menunjukkan Henri Paul telah minum alkohol 3 kali lebih dan mengurangi kestabilan sewaktu menyupir. Namun suatu teori konspirasi menyatakan sampel darah itu milik orang lain karena biasanya supir keselamatan dan profesional tidak minum pada malam Diana berada. Henri Paul berhasil melintasi 13 tiang terowong tetapi gagal mengawal mobil selepas itu. Diduga semua yang berada dalam mobil tidak memakai sabuk pengaman,  hanya pengawal pribadi Fayed yang bernama Trevor Rees-Jones selamat. Dodi Fayed dan Diana duduk di tempat duduk belakang. Dodi dan Henri tewas di tempat kejadian, dan setelah 2 jam dioperasi  di rumah sakit, Diana meninggal sekitar jam 4 pagi. Pemakaman diadakan pada 6 September 1997 dan disiarkan secara langsung ke seluruh dunia, ditonton lebih 1.5 miliar penonton di seluruh dunia.
                                                                  
10. Marco Simoncelli (2011)
                                                 
Marco Simoncelli kecelakaan motor
                                              
Marco Simoncelli (lahir di Cattolica, Rimini, Italia, 20 Januari 1987 – meninggal di Sepang, Malaysia, 23 Oktober 2011 pada umur 24 tahun) adalah salah satu pembalap MotoGP yang berasal dari Italia, dan cukup terkenal dengan karakter balapnya yang cukup garang. Gaya garangnya ini terlihat ketika seri terakhir MotoGP musim 2010, saat ia nyaris membuat Jorge Lorenzo terjatuh dan gagal meraih kemenangan di seri terakhir musim itu. Simoncelli mengawali karirnya di dunia balap motor profesional, ketika ia menginjak usia 9 tahun di ajang Italian Minimoto Championship. Tahun 2001 ia pun hengkang ke ajang European 125cc dan mengamankan titel juara di tahun 2002 dan kemudian memulai karirnya di ajang MotoGP.
                                     
Simoncelli terlibat kecelakaan bersama Colin Edwards dan Valentino Rossi saat berada di posisi keempat pada putaran kedua. Simoncelli terjatuh ketika sedang berbelok di tikungan ke-11 Sirkuit Sepang dan tertabrak oleh motor Edwards. Edwards juga terjatuh namun hanya mengalami patah tulang bahu, sementara Simoncelli berbaring diam di lintasan sesaat setelah kecelakaan dengan helmnya terlepas dalam insiden itu. Sementara itu, Rossi hanya sedikit kehilangan keseimbangan dan dapat melaju pelan ke pit-stop. Setelah insiden tersebut, perlombaan dihentikan dan Simoncelli langsung dibawa ke pusat medis Sirkuit Sepang. Pada pukul 16.56 waktu setempat, Simoncelli dinyatakan meninggal dunia karena luka serius yang dideritanya.Kemudian, dalam jumpa pers direksi balapan MotoGP, kepala medis, Michele Macchiagodena, menyatakan bahwa Simoncelli mengalami “trauma serius di kepala, leher, dan dada,” dan sempat diberi perawatan CPR selama 45 menit sebelum akhirnya meninggal.
      
Peristiwa-perisitiwa kecelakaan seleb ini sekaligus mengingatkan kita untuk selalu berkendara dengan aman, dan selain kondisi fisik kita, janga lupa pastikan juga kendaraan yang kita gunakan baik motor ataupun mobil dalam kondisi prima dan fit. (//tt10)
Share on Google Plus