10 Tips Membersihkan Botol Kaca Untuk Menyimpan ASI

botol kaca menyimpan asiSebagai seorang ibu yang baik, pastinya Anda akan memberikan yang terbaik untuk bayi tercinta. ASI adalah makanan utama dan makanan terbaik untuk bayi sehat. Kendala menyusui ASI pasti akan terjadi bagi wanita para ibu yang berkerja. Memompa dan menyimpan ASI yang baik adalah salah satu solusinya. Namun kebersihan botol tempat menyimpan ASI harus dipastikan benar-benar bersih dan steril. Berikut ini 10 Tips Membersihkan Botol Kaca Untuk Menyimpan ASI.

                                      
               
1. Cucilah botol satu persatu secara terpisah antara  botol dan tutupnya dengan menggunakan sabun khusus bayi. Sabun pembersih khusus bayi bisa Anda dapatkan di pasar swalayan.
                                                            
2. Sterilkan botol kaca dengan cara direbus hingga mendidih agar bau sabun dan bau produksi hilang dan kuman-kumannya mati. Pisahkan botol dan tutupnya saat merebus. Setelah mendidih biarkan botol dan tutupnya 5-15 menit.
                                                       
3. Kemudian angkat dan keringkan. Untuk pengeringan botol maupun tutupnya bisa menggunakan lap bersih jangan menggunakan tissue karena tissue akan hancur bila terkena air.
                                              
4. Ulangi tiga langkah tersebut setiap ingin menggunakan botol kaca untuk menyimpan ASI agar mendapat hasil yang lebih baik.
                                                                                  
Langkah-langkah di atas adalah cara membersihkan botol kaca untuk menyimpan ASI dengan direbus air mendidih. Selain itu ada cara lain seperti berikut ini:
                                                  
* Membersihkan botol kaca untuk menyimpan ASI dan peralatan makan dan minum bayi dengan Sterilisasi uap panas (steam sterilization) menggunakan alat Steam Sterilizer,caranya:
                                                               
5. Untuk hasil yang lebih baik biasakan untuk membaca petunjuk yang ada saat membeli alat tersebut. Lama sterilisasi biasanya 8-10 menit. 
                                                 
steam sterilizer for baby bottles
Steam Sterilizer
                                            
6. Setelah itu diamkan dulu selama 2-3 menit sebelum Anda membuka dan mengambil botol kaca atau peralatan makan atau minum bayi lainnya.
                                                
7. Botol kaca dan peralatan akan tetap bertahan dalam kondisi steril selama 3 jam. Pastikan wadah plastik yang digunakan cocok untuk sterilisasi dengan uap panas ini.
                                     
* Membersihkan botol kaca untuk menyimpan ASI dan peralatan makan dan minum bayi dengan Sterilisasi air dingin (cold water sterilization).
                                                
8. Peralatan yang digunakan adalah bahan kimia untuk sterilisasi  berupa padatan atau larutan yang tidak toksik atau tidak beracun (umumnya sodium hipoklorit). Dipasaran juga tersedia  produk bermerek seperti Chicco Cold Water Sterilizer atau bentuk tablet produk merek Mothercare
                                                                 
9. Masukkan botol kaca atau peralatan makan dan minum bayi lainnya ke dalam wadah, tuangkan air matang dingin hingga semua peralatan terendam, masukkan tablet atau cairan ke dalam air.
                                                                     
10. Diamkan selama 30 menit agar sterilisasi efektif agar botol atau peralatan dapat digunakan.     Peralatan dapat dibiarkan terendam dalam larutan pensteril hingga 24 jam untuk tetap menjaga sterilitasnya. Larutan untuk melakukan sterilisasi harus dibuat lagi untuk proses sterilisasi yang baru.
_
             
Demikian 10 Tips membersihkan botol kaca untuk menyimpan ASI. Kebersihan adalah pangkat sehat, berikanlah yang terbaik untuk kesehatan buah hati yang Anda cintai.
               
              

[berbagai sumber]
Share on Google Plus