10 Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak

makanan untuk kecerdasan anak
Pada artikel sebelumnya tentang "Kiat menciptakan anak cerdas sejak dini", disebutkan ada 2 faktor utama yang mempengaruhi kecerdasaan anak, yaitu Faktor keturunan dan Faktor luar termasuk asupan makanan penunjang kecerdasan anak. Apa saja jenis makanan yang bisa menambah kecerdasan anak? Berikut ini  10 Makanan Bergizi Untuk Kecerdasan Anak :

1. Salmon. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang memiliki peranan penting dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak anak. Anak yang mengonsumsi omega 3 ini akan memiliki pikiran yang lebih tajam dan menjadi lebih cerdas.


2. Susu dan Yogurt. Mengandung kaya protein, vitamin D, vitamin B, yang berfungsi sebagai pertumbuhan jaringan otak neuro transmitter dan enzim dan juga sebagai sumber energi bagi otak.

3. Telur. Telur adalah sumber protein yang harganya cukup terjangkau. Bagian kuning telur mengandung zat kolin yang dapat membantu perkembangan memori dan daya ingat. Anak cerdas memiliki memori dan daya ingat yang sangat kuat sehingga mereka dapat mengingat lebih banyak apa yang sudah mereka pelajari.

4. Sayuran Berwarna. Sayuran berwarna, seperti labu, wortel, bayam merah, dan tomat merupakan sayuran yang memiliki nutrisi yang tinggi dan kaya akan antioksidan yang membantu memperkuat sel-sel otak. Sel-sel otak yang kuat akan membantu anak cerdas dalam berpikir dan mengingat berbagai hal yang dipelajarinya.

5. Gandum Murni. Salah satu fungsi yang dimiliki gandum adalah membantu pelepasan glukosa dalam tubuh serta mengandum vitamin B yang berguna untuk memelihara sistem saraf pada tubuh anak.

6. Oatmeal. Oatmeal mengandung karbohidrat yang terdapat pada sereal, secara bertahap karbohidrat ini akan diserap oleh otak anak selama proses belajar disekolah. Oat juga mengandung vitamin E, B, potasium dan zinc yang membantu tubuh dan otak bekerja secara optimal.

7.  Daging Sapi Tanpa Lemak. Merupakan sumber zat besi yang esensial dalam memberikan tambahan energi pada anak sehingga anak menjadi lebih mudah berkonsentrasi.

8. Kacang Hijau. Makanan ini kaya akan kandungan protein dan karbohidrat yang komplek, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin C, asam folat, zat besi, zinc, potassium, magnesium, tembaga, mangan, fosfor dan thiamin yang semuanya penting bagi tubuh dan perkembangan otak. 

9. Buah Berry. Buah-buahan berwarna ini jika semakin kuat warnanya maka akan semakin banyak nutrisi yang di kandungnya bagi pembentukan otak anak cerdas. Berry termasuk di dalamnya strawberry, cherry, bluberry, dan blackberry mengandung antioksidan kadar tinggi terutama vitamin C yang berfungsi untuk mencegah kanker. Bahkan biji pada buah berry ini juga mengandung lemak omega 3 yang membantu memperbaiki fungsi daya ingat pada anak cerdas.

10. Ubi dan Kentang. Ubi dan kentang sarat dengan antioksidan dan vitamin A selain itu juga bisa merangsang produksi neuron baru.
_

Itulah 10 makanan bergizi untuk kecerdasan anak. Nah buat para orang tua yang merasa "tidak memiliki" Gen kecerdasan yang cukup tinggi untuk diturunkan kepada anaknya, jangan kuatir, asupan makanan bergizi juga bisa mencerdaskan anak. Yuk ciptakan anak cerdas sejak dini. Konsultasikan pada ahlinya untuk hasil yang lebih baik dan maksimal. Semoga bermanfaat.

[berbagai sumber]
Share on Google Plus